BAHAYA MUKBANG

Fenomena Mukbang Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Posted on

 

BAHAYA MUKBANG

ZULUBAZE – Mukbang merupakan salah satu konten video dengan peminat yang cukup tinggi. Mulai dari memakan makanan normal hingga makanan dengan tingkat kepedasan tinggi selalu bisa menarik perhatian banyak pemirsa. Berikut ini adalah dampak mukbang bagi Kesehatan yang perlu anda tahu.

Pengertian Istilah “Mukbang”

Mukbang adalah singkatan dari Mukja dan Bangsong yang artinya Makan dan Siaran. Merupakan istilah yang populer pada tahun 2010 di Korea Selatan dan menyebar ke seluruh dunia.

Meski sebenarnya, melakukan siaran sambil makan dengan porsi normal sudah bisa disebut Mukbang. Namun banyak konten creator yang memilih untuk makan dalam porsi besar. Hal ini yang menyebabkan Mukbang identik dengan makan dengan porsi besar.

Karier Sebagai Mukbangers

Dilihat dari peminat konten mukbang yang cukup tinggi, membuat banyak konten kreator yang menjadikan Mukbang sebagai konten utama atau konten sampingan dari konten inti yang mereka lakukan.

Berdasarkan studi Universitas Seoul, sepanjang tahun 2017 hingga 2019 istilah Mukbang sudah dicari sebanyak 100.000 kali di platform video Youtube.

Diketahui bahwa konten kreator Mukbang professional bisa mendapatkan penghasilan hingga $10.000 sebulan. Bukan hanya berasal dari Youtube, mereka juga bisa memperoleh penghasilan dari sponsor, iklan hingga endorsement.

Dampak Aktifitas Mukbang Pada Kesehatan

Aktifitas mukbang yang dimaksud adalah makan dengan porsi besar. Belum lagi, jika para pelakunya makan dengan cara cepat atau terburu-buru. Berikut adalah dampak buruk yang bisa dihasilkan dari aktifitas mukbang yang berlebihan.

  1. Mengganggu Pencernaan

Tahukah anda bahwa makan dalam porsi besar yang tidak sesuai dengan kapasitas pencernaan justru akan berakibat buruk seperti iritasi pada lambung.

Organ pencernaan tidak mampu mencerna makanan dengan baik karena kapasitasnya overload. Kinerjanya juga semakin berat jika mulut tidak membantu dengan mengunyah makanan dengan benar.

  1. Gangguan Berat Badan (Obesitas)

Bukan hanya membahayakan pencernaan, secara umum kegiatan ini bisa menimbulkan banyak penyakit jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat.

Masalah seperti obesitas, serangan jantung, stroke hingga kolesterol dan risiko Kesehatan lainnya yang bisa mengancam nyawa.

  1. Pendarahan Otak

Seorang influencer yang berasal dari China bernama Sun Yixuan dikabarkan meninggal karena pendarahan otak.

Setelah ditelusuri, salah satu penyebabnya adalah aktivitas Yixuan yang sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara rutin untuk kebutuhan konten mukbang.

Bukan hanya berdampak pada Kesehatan fisik, makan makanan dengan porsi besar akan menyebabkan gangguan pada Kesehatan mental.

Orang yang melakukan mukbang dengan porsi berlebihan akan menyebabkan perasaan bersalah sehingga mengganggu mood pelakunya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat juga bisa mempengaruhi pola tidur.

Dampak Pada Penonton

Bukan hanya memberikan dampak buruk bagi pelaku, ternyata Mukbang juga bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi penontonnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan International of Mental Health and Addictional menyebutkan bahwa, penonton mukbang beresiko menyebabkan masalah mental.

Seperti, meningkatkan konsumsi makanan hingga perubahan mindset terhadap fenomena makan banyak namun tubuh tetap ideal.

Meski memiliki dampak negatif, bukan berarti tidak ada efek positif yang ditimbulkan dari fenomena ini. Menonton video Mukbang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Hal ini akan sangat berguna untuk orang yang memiliki masalah nafsu makan.

Itulah pembahasan fenomena dan dampak mukbang bagi kesehatan. Melakukan siaran makan dengan porsi sewajarnya sama sekali tidak mengubah esensi mukbang. Jadi, jangan membahayakan diri anda sendiri. (Redaksi: SITUS JUDI BOLA )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *