menajaga berat badan agar stabil

5 Tips Ampuh Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Posted on

ZULUBAZEMempunyai body goals tentu menjadi idaman bagi semua orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Selain karena penampilan yang enak dipandang mata dan menambah kepercayan diri, seseorang yang memiliki body goals rata-rata memiliki kondisi kesehatan tubuh yang baik. Sayangnya, beberapa orang memiliki berat badan di bawah angka ideal lho atau lebih dikenal oleh banyak orang badan kurus.

Oleh sebab itu, tidak heran jika sekarang banyak sekali program yang menawarkan tercapainya body goals dalam kurun waktu yang cepat. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas bagaimana tips ampuh menambah berat badan hingga bisa tercapai berat badan yang ideal dambaan semua orang. Yuk, langsung saja kita ulas selengkapnya :

Apa Saja Sih Penyebab Berat Badan Terus Berkurang?

Kurangnya berat badan yang kamu alami tidak mungkin tanpa disertai penyebab yang pasti. Untuk mengatasi masalah berat badan yang kurang tersebut, tips terampuhnya adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Begitu memahami penyebabnya, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan solusi yang jelas.

Beberapa penyebab berat badan terus berkurang, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Melakukan aktivitas Fisik yang Tinggi

Tingginya aktivitas fisik yang terlalu berat pada tubuh menyebabkan tubuh membakar kalori lebih banyak dari ukuran idealnya. Banyaknya kalori yang terbakar akan mengurangi berat badan mu.

Kalori yang dibakar tubuh ketika melakukan olahraga pilates rendah sebesar 250 kalori. Sedangkan olahraga latihan interval dengan intensitas yang tinggi dapat membakar sekitar 800 kalori lebih dalam sehari.

2. Efek Samping dari Obat-obatan

Beberapa obat memiliki efek samping mengurangi nafsu makan lho. Berkurangnya nafsu makan itu berbeda pada setiap orang. Ada yang berkurang secara drastis, ada juga yang berkurang sedikit demi sedikit. Berkurangnya nafsu makan yang drastis tentu memiliki resiko pengurangan berat badan yang jauh lebih besar.

3. Akibat dari Masalah Psikologi

Masalah psikologi seperti stres berat, frustasi dan depresi, dapat mengurangi nafsu makan. Asupan nutrisi makan yang kurang ditambah kerja keras yang dilakukan oleh otak akan menurunkan berat badan tubuh mu.

4. Kondisi pada Medis Tertentu

Kondisi medis yang tidak sehat juga bisa mengurangi berat badan. Meskipun kamu sudah makan banyak nutrisi, pada beberapa kondisi medis tertentu, berat badan tetap saja tidak dapat bertambah. Sebut saja diabetes, hypertiroidisme, celiac, crohn, HIV, tuberkolosis, malnutrisi, malabsorbsi makanan, kanker, dan lain sebagainya.

5. Faktor dari Genetik atau Keturunan

Genetik atau keturunan juga dapat menjadi penyebab mengapa berat badanmu susah untuk bertambah. Ada beberapa orang memang berada pada kondisi yang susah untuk bertambah berat badannya. Penyebab diantaranya adalah adanya faktor genetik atau keturunan. Hal ini sangat sulit untuk dihilangkan, sehingga untuk menambah berat badan dibutuhkan usaha yang ekstra.

6. Pola Makan yang Tidak Sehat

Penyebab terakhir dari berat badan tidak naik adalah pola makan yang tidak sehat. Walaupun makanan yang kamu makan sudah cukup banyak, bukan berarti berat badanmu akan naik ya. Pola makan yang tidak memperhatikan asupan nutrisi lengkap termasuk pola makan yang tidak sehat.

Tips Ampuh Menambah Berat Badan

1. Makanlah Kalori Lebih Banyak dari Kebutuhan Tubuh

Pertambahan berat badan yang kamu inginkan itu, dapat di capai dengan mengkondisikan asupan kalori per hari. Kamu perlu mengonsumsi makanan berkalori lebih dari 300-500 kalori dibanding kalori yang dibakar oleh tubuhmu. Apabila kamu ingin pertambahan berat badanmu lebih cepat, bisa menambah asupan kalori sebanyak 700-1000 kalori per hari lebih banyak daripada kalori yang dibakar setiap harinya.

Makanan merupakan sumber kalori sehat sangat disarankan untuk kamu konsumsi. Sebut saja mentega pada aneka masakan tumis, taburan keju di atas roti, atau susu dan krim pada sup.

Namun demikian, konsumsi kalori tetap harus diperhatikan ya, supaya tidak berlebihan. Resiko kelebihan kalori dapat mengancam kesehatan karena dapat menyebabkan kelebihan kolesterol, garam, dan gula darah di dalam tubuh.

2. Memilih Konsumsi Protein Lebih Banyak

Nutrisi lain yang paling berperan untuk menambah berat badan adalah protein. Dengan bantuan protein itu, otot tubuh dapat terbentuk. Jadi, tanpa adanya protein tambahan hanya akan menyebabkan kelebihan kalori ekstra menjadi lemak tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi protein tambahan, pertambahan berat badan yang kamu alami merupakan pertambahan massa otot, bukan lemak yang berlebih.

Untuk menambah berat badan, kamu dapat mengonsumsi makanan berprotein dengan kadar antara 1,5-2,2 gram protein per kg/ berat badan. Kamu dapat menambah kadar protein jika kebutuhan tubuh akan kalori sangat tinggi ya. Sebuah studi telah menyimpulkan bahwa di saat periode makan yang banyak, diet protein tinggi dapat membuat kalori ekstra diubah menjadi massa otot.

3. Mencukupi Kebutuhan Karbohidrat dan juga Lemak Lebih dari Tiga Kali Sehari

Akibat dari membatasi asupan karbohidrat dan lemak bisa mempersulit tubuh untuk mendapatkan kalori yang cukup. Hal ini dikarenakan kalori memiliki peran yang penting dalam penambahan berat badan, pastikanlah bahwa konsumsi makanan memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang  sudah cukup. Idealnya, kamu perlu makan sebanyak tiga kali saja dalam satu hari.

Banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat banyak kita temui ya. Di antaranya adalah nasi, sereal, ubi jalar, kentang, jagung, roti gandum, dan granola. Bisa mengolahnya sesuai dengan seleramu dan tentunya mengikuti petunjuk bagaimana memasaknya. Tentunya kamu ingin menikmati makanan yang nikmat tanpa harus kehilangan kandungan karbohidratnya bukan?

4. Olahraga Ringan

Apakah pernah mendengar melakukan olahraga disarankan hanya untuk orang yang ingin menurunkan berat badan saja? Bagi kamu yang ingin menambah berat badan, juga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur dan rutin. Berkat rutin berolahraga, tubuhmu akan lebih banyak membentuk jaringan otot sekaligus memangkas kelebihan lemak.

Kebiasaan berolahraga ringan akan lebih optimal jika dibarengi dengan pola makan yang sehat. Setelah berolahraga ringan, nafsu makanmu akan meningkat. Sehingga, nutrisi makanan yang terkandung di dalam makanan dapat membantu proses pertambahan berat badan.

Aneka olahraga yang disarankan buat kamu yang ingin menambah berat badan adalah olahraga yang melatih kekuatan seperti angkat beban, latihan pilates untuk mengencangkan perut, latihan olahraga barre, push up, squat, burpees, plank, dan side to side kicks.

5. Perhatikan Waktu Minum

Tak hanya makanan, minuman yang kamu konsumsi juga perlu untuk diperhatikan. Bahkan, waktu yang tepat untuk minum juga perlu untuk dipelajari lebih lanjut. Sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak minum air putih sebelum makan. Pasalnya, kebanyakan minum sebelum makan dapat membuat kamu merasa cepat kenyang dan dapat mengurangi nafsu makan. Jadi, sebaiknya banyak minum air putih kamu lakukan setelah makan selesai.(redaksi: slot5000)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *