dampak positif MOBA

Dampak Positif Bermain Game Moba, Bisa Tingkatkan Skill, Lho!    

Posted on

ZULUBAZEDalam industri game, permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) telah menjadi salah satu fenomena terbesar. Game MOBA diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tetapi kehadiran dari gamenya sering dipandang negatif oleh  beberapa orang, terutama para orangtua yang tidak suka anaknya bermain game. Harus diketahui ternyata di balik keseruan game MOBA, ada sisi positif dari bermain game tersebut. Artikel ini akan membahas lima aspek positif yang tidak sering diperhatikan dalam kegiatan bermain game MOBA. Bukan hanya sekedar hiburan, terdapat dampak positif bermain game MOBA yang harus diketahui.

  1. Mampu Pecahkan Masalah Dan Kerja Tim

Pertama, bermain MOBA membutuhkan pemikiran strategis yang teliti dan kemampuan juga untuk mengeksekusi rencana dengan cara efektif. Para pemain wajib memperhitungkan beberapa faktor seperti, koordinasi tim, timing, dan pemilihan karakter untuk menuju kemenangan. Juga membantu meningkatkan keahlian pemecahan problem dan kemampuan strategis yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut studi pada International Journal of Computer Games Technology, sudah menunjukkan kalau bermain game MOBA bisa merangsang sistem otak. Yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan, pemikiran kritis, dan perencanaan strategis. MOBA yaitu tentang kerjasama yang efektif, ikut dalam pertandingan memerlukan kolaborasi yang kokoh antara anggota tim untuk tujuan bersama.

Menolong dalam pengembangan keahlian kepemimpinan, kerjasama tim dan komunikasi yang berharga di luar lingkungan permainan. Menurut hasil penelitian pada Journal of Interactive Learning Research, permainan game MOBA secara teratur bisa membuat pemain. Memperbaiki keahlian interpersonal dan juga kerjasama tim yang berguna di kehidupan sosial dan tempat kerja.

 

  1. Mengelola Emosi dan Ketegangan

Kedua, bermain game MOBA bisa menjadi metode pelatihan yang baik dalam mengelola stres dan emosi. Pada pertandingan yang acapkali penuh dengan tekanan, pemain bisa belajar agar tetap tenang pada situasi yang intens. Selain itu juga dalam menghadapi kesulitan atau kekalahan dengan sikap yang lebih baik. Bermain game dengan cara teratur bisa membantu menurunkan  tingkat stres dan meningkatkan keahlian pengelolaan emosi.

 

  1. Pengembangan kecepatan tanggapan dan daya reaksi

Pada dunia yang cepat sekali berubah, kecepatan reaksi dan tanggapan yang cepat menjadi keahlian yang sangat berharga. Bermain game MOBA melatih pemain agar  membuat keputusan dalam waktu singkat menaikan respons  dan refleks terhadap situasi dengan cepat. Menurut Penelitian yang disimpulkan   pada Computers in Human Behavior menunjukkan kalau pemain game MOBA reaksinya lebih cepat. Selain itu kemampuan reaksi yang lebih tanggap dalam menghadapi  stimulus dibandingkan dengan yang bukan pemain.

 

  1. Komitmen terhadap tujuan dan konsekuensi

Keberhasilan  pada permainan MOBA sering memerlukan komitmen yang tinggi terhadap konsistensi dalam latihan dan tujuan jangka panjang. Hal ini membantu meningkatkan ketekunan, kedisiplinan, dan fokus yang bisa diaplikasikan dalam mencapai tujuan pada kehidupan nyata. Studi yang dibuat  oleh Journal of Personality and Social Psychology menyatakan  kalau pemain game berdedikasi tinggi.

 

Mempunyai tingkat kepatuhan yang lebih besar terhadap tujuan dan tugas  yang telah ditetapkan. Bermain game MOBA bukan hanya tentang hiburan saja namun juga memiliki banyak manfaat yang tidak terduga di balik layarnya. Sisi positif dalam bermain game MOBA juga banyak, seperti meningkatkan keahlian strategis sampai mengembangkan kerja sama tim. Memahami permainan ini membantu menghargai manfaatnya dalam perkembangan pribadi dan melihat pandangan yang lebih luas. (redaksi: slot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *