Traffic Korut - rusia meningkat

Traffic Kereta Api Korea Utara-Rusia Naik Drastis, Tunjukkan Pasokan Senjata ke Rusia?

Posted on

ZULUBAZEKabar mengagetkan datang dari Rusia dan Korea Utara. Foto satelit memperlihatkan traffic kereta api Korea Utara-Rusia naik drastis. Berkat hal tersebut, beberapa pihak mencurigai bahwa itu menunjukkan pasokan senjata ke Rusia dari Korut. Namun apakah itu benar? Kita akan bahas selengkapnya setelah paragraf ini, jadi silahkan ikuti hingga selesau.

CSIS bagikan Foto Satelit

Sebuah lembaga pemikir AS, Center for Strategic and International Studies (CSIS), baru-baru ini merilis foto satelit. Foto satelit itu menunjukkan peningkatan tajam lalu lintas kereta api di sepanjang perbatasan Korea Utara-Rusia.

Gambar tersebut diambil pada bulan September dan Oktober 2023. Dalam foto yang dirilis memperlihatkan sejumlah kereta barang yang berisi kontainer dan truk militer. Menurut CSIS, foto-foto tersebut mengindikasikan bahwa Korea Utara memasok amunisi ke Rusia. Rusia sendiri sedang berperang dengan Ukraina sejak tahun 2014 (dihitung dari pengambilalihan Crimea).

 

Hubungan militer antara Korea Utara dan Rusia

Korea Utara dan Rusia memiliki hubungan militer yang cukup erat, meskipun tidak sekuat dengan China. Kedua negara sering melakukan pertukaran senjata, pelatihan, dan kunjungan tingkat tinggi. Pada bulan September 2023, pemimpin Korut Kim Jong Un melakukan perjalanan ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Putin. Tak hanya itu, Kim juga mengunjungi situs-situs militer penting, seperti pabrik tank dan pangkalan udara.

Kunjungan tersebut menimbulkan spekulasi mengenai kemungkinan rencana Korea Utara untuk mengisi ulang gudang amunisi Rusia. Di mana kemungkinan besar gudang militer Rusia sudah terkuras akibat perang berkepanjangan dengan Ukraina.

 

Motif Korea Utara memasok amunisi ke Rusia

Salah satu motif Korea Utara memasok amunisi ke Rusia adalah untuk mendapatkan teknologi senjata canggih Rusia dengan imbalan amunisi. Pihak Korea Utara diketahui memiliki program nuklir dan rudal balistik yang ambisius. Tetapi program tersebut masih membutuhkan bantuan dari negara-negara lain untuk meningkatkan kemampuannya.

Rusia memiliki teknologi senjata yang lebih maju daripada Korea Utara. Contohnya seperti rudal jelajah, sistem pertahanan udara, dan pesawat tempur generasi kelima. Dengan berbagi amunisi dengan Rusia, Korea Utara berharap dapat memperoleh akses ke teknologi tersebut.

 

Kiriman amunisi Korea Utara ke Rusia

Pasokan amunisi Korea Utara ke Rusia tentu saja menimbulkan reaksi negatif dari dunia internasional. Terutama reaksi dari Amerika Serikat dan sekutunya. Amerika Serikat telah memberlakukan sanksi ekonomi dan politik yang keras terhadap Korea Utara karena program nuklir dan rudalnya.

AS juga mendukung Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia. Bukan hanya itu, AS juga mengecam agresi militer Rusia di wilayah-wilayah Ukraina seperti Krimea dan Donbass. Dengan memasok amunisi ke Rusia, Korea Utara tidak hanya melanggar sanksi internasional. Namun lebih dari itu, pasokan amunisi tersebut akan memperburuk ketegangan regional dan global.

 

Implikasi pasokan amunisi Korea Utara ke Rusia

Kiriman amunisi Korea Utara ke Rusia memiliki implikasi yang serius bagi keamanan dunia. Apalagi terkait dengan situasi keamanan di kawasan Asia Timur dan Eropa Timur. Tambahan amunisi tersebut dapat meningkatkan kemampuan ofensif dan defensif Rusia dalam perangnya dengan Ukraina. Hal itu bisa memicu eskalasi konflik dan krisis kemanusiaan lebih panjang yang melibatkan Rusia dan Ukraina.

Tambahan amunisi tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan nuklir dan rudal Korea Utara. Yang mana hal tersebut dapat mengancam negara-negara tetangga seperti Jepang dan Korea Selatan, serta sekutu AS di kawasan. Lebih dari itu, pasokan amunisi tersebut juga dapat mengganggu keseimbangan kekuatan dan stabilitas strategis di dunia.

 

Sekian ulasan mengenai traffic kereta api Korea Utara-Rusia yang naik drastis ini. Terimakasih sudah membaca artikel di atas dari awal hingga selesai, semoga banyak insight positif yang bisa didapatkan. Jika berkenan, silahkan share artikelnya ke media sosial, supaya lebih banyak orang yang membaca artikelnya. (redaksibola88)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *