penuruanan unduhan appstpre

Tren Mengkhawatirkan Bagi Apple, Unduhan App Store AS Turun

Posted on

ZULUBAZEDalam dunia aplikasi yang terus berkembang, sebuah tren yang mengkhawatirkan telah muncul di App Store AS. Banyak aplikasi mengalami penurunan unduhan, meskipun pendapatan total App Store terus meningkat.

Data tersebut berasal dari perusahaan intelijen aplikasi, Appfigures. Menunjukkan bahwa beberapa aplikasi terbesar di pasaran perlahan kehilangan daya tariknya di tengah persaingan yang semakin ketat. Menarik jumlah unduhan aplikasi secara keseluruhan.

Skala Tren yang Mengejutkan

Tentu saja, ini bukan berarti aplikasi-aplikasi besar seketika tergeser dari puncak. Sebagai contoh, Facebook tetap menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh setiap bulan. Namun, penurunan tersebut cukup signifikan dan memberikan dampak.

 

Analisis Terbatas pada App Store AS

Analisis itu terbatas pada App Store AS dan diukur menggunakan Mobile Market Index dari Appfigures. Indeks tersebut melacak unduhan dan pendapatan dari 25 aplikasi teratas di setiap kategori dan negara. Dibandingkan dengan data per 1 Januari 2018. Hal ini memberikan nilai yang memungkinkannya untuk melacak pertumbuhan aplikasi dari waktu ke waktu.

 

Penurunan yang Terus Berlanjut

Tahun lalu, Indeks Unduhan Mobile, yang melacak instalasi aplikasi, adalah 91.87. Angka tersebut menunjukkan bahwa unduhan sudah turun dibandingkan dengan data tahun 2018, meskipun tidak signifikan. Pada 31 Agustus 2023, Indeks tersebut turun menjadi 83.59. Turun sebanyak 8.28 poin, atau 9% lebih rendah dari awalnya, menunjukkan tren yang semakin memburuk.

 

Penurunan dalam Berbagai Kategori

Meskipun penurunan dalam unduhan tidak berdampak pada setiap kategori, banyak aplikasi mengalami penurunan, bukan pertumbuhan. Beberapa aplikasi streaming olahraga yang muncul dalam beberapa tahun terakhir masih terus berkembang. Aplikasi medis semakin populer, dan aplikasi bisnis tetap mendominasi, kata Appfigures. Pendidikan, belanja, perjalanan, dan aplikasi produktivitas juga tetap berkembang.

 

Efek Penurunan

Di sisi lain, aplikasi berita, game, dan hiburan semuanya mengalami penurunan dua digit. Hal itu terjadi kemungkinan besar karena saturasi pasar. Dan lebih banyak aplikasi di berbagai kategori melihat penurunan, bukan pertumbuhan.

 

Penyebab Utama Penurunan

Menurut pendiri dan CEO Appfigures, Ariel Michaeli, alasan utama penurunan adalah aplikasi besar perlahan kehilangan daya tariknya. Itu terjadi karena munculnya pesaing baru. Meskipun Akuisisi juga menjadi lebih sulit karena App Tracking Transparency, ini bukanlah penyebab utama dari penurunan tersebut.

 

Perubahan Puncak di App Store

Puncak App Store mulai terlihat berbeda dalam beberapa bulan terakhir. Meta yang menguasai aplikasi teratas mulai mengendur, memberi ruang bagi aplikasi lain seperti TikTok milik Bytedance dan CapCut. Aplikasi belanja berbasis Tiongkok seperti Temu dan Shein, dan lainnya. Saat ini, hanya Threads milik Meta yang menduduki peringkat 10 besar. Aplikasi non-game gratis di App Store AS pada peringkat ke-2.

 

Kebangkitan Pendapatan Aplikasi

Namun, bukan berita buruk bagi ekonomi aplikasi. Pendapatan aplikasi di AS terus tumbuh meskipun penurunan instalasi karena pengembang beralih perhatiannya ke monetisasi. Tahun lalu, Mobile Revenue Index adalah 363.13 — jauh lebih tinggi daripada tahun 2018. Pada 31 Agustus, angkanya lebih tinggi lagi, mencapai 458.3, atau 122.17 poin (36.4%) lebih tinggi dari awal.

 

Kategori dengan Pertumbuhan Pendapatan Terbesar

Kategori dengan pertumbuhan pendapatan terbesar dalam setahun terakhir adalah aplikasi produktivitas (naik 69.3%). Dalam kategori game, permainan papan mengalami kenaikan terbesar, tumbuh sebesar 584.9%. Hanya empat kategori App Store AS yang mengalami penurunan pendapatan tahun lalu. Semuanya berada dalam kategori game, Olahraga, Balapan, Musik, dan Aksi.

Dengan tren yang sedang berlangsung di App Store AS. Perubahan dalam puncak aplikasi, dan perhatian pengembang terhadap monetisasi. Ada banyak dinamika yang harus diperhatikan. Jika Anda adalah seseorang yang peduli dengan perkembangan aplikasi atau sedang mencari informasi tentang App Store. Artikel tersebut adalah bacaan yang sangat relevan.

Terimakasih sudah membaca artikel hingga selesai. Semoga artikel tentang tren mengkhawatirkan bagi Apple, unduhan App Store AS turun dapat memberikan Anda wawasan yang berguna. (redaksi: situs judi slot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *