Ukraina menggunakan rudal ATACMS

Ukraina Akhirnya Menggunakan Rudal ATACMS Jarak Jauh yang Diberikan AS

Posted on

ZULUBAZEPerang antara Ukraina dan Rusia semakin memanas dengan adanya bantuan senjata dari Amerika Serikat (AS) kepada Ukraina. Kyiv mengonfirmasi pada Selasa 17 Oktober 2023 bahwa militer Ukraina sudah menggunakan rudal balistik jarak jauh. Rudal balistik yang dimaksud Zelensky adalah ATACMS. Itu merupakan rudal jarak jauh yang dipasok oleh AS untuk pertama kalinya.

Rudal ATACMS

ATACMS adalah singkatan dari Army Tactical Missile System, yaitu sistem rudal taktis angkatan darat yang dikembangkan oleh AS. Mengenai jangkauan, rudal ini memiliki jangkauan maksimum sekitar 300 kilometer dan dapat membawa hulu ledak berbagai jenis. Termasuk hulu ledak konvensional, nuklir, atau kimia.

Rudal tersebut dapat diluncurkan dari kendaraan peluncur roket ganda (M270 MLRS) atau kendaraan peluncur roket presisi tinggi (M142 HIMARS). ATACMS pertama kali digunakan oleh AS dalam Perang Teluk pada tahun 1991. Selanjutnya rudal tersebut digunakan lagi dalam berbagai konflik, seperti di Bosnia, Kosovo, Irak, dan Afghanistan.

Keberadaan rudal itu dianggap sebagai senjata yang andal dan fleksibel untuk menghancurkan sasaran-sasaran penting musuh. Contohnya seperti sasaran pangkalan militer, radar, jembatan, atau bandara.

 

Cara AS Memberikan Rudal ATACMS ke Ukraina

AS diam-diam telah mengirimkan sejumlah kecil rudal ATACMS ke Ukraina dalam beberapa hari terakhir. Hal itu disampaikan secara rahasi oleh para pejabat yang mengetahui langkah tersebut.

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari janji Presiden AS Joe Biden kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Diketahui bahwa keduanya bertemu di Gedung Putih pada bulan September lalu. Biden menjanjikan bantuan militer senilai 60 juta dolar AS kepada Ukraina, termasuk rudal ATACMS.

Versi ATACMS yang dikirim ke Ukraina adalah versi yang jangkauannya lebih pendek, yaitu sekitar 165 kilometer. Hal itu dilakukan sesuai dengan perjanjian pengendalian senjata antara AS dan Rusia. Namun, versi itu tetap memberikan keuntungan bagi Ukraina, karena dapat menjangkau sasaran Rusia yang lebih jauh.

 

Militer Ukraina Mulai Gunakan Rudal ATACMS

Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa rudal ATACMS telah digunakan oleh angkatan bersenjatanya di medan perang melawan Rusia. Dia tidak memberikan rincian kapan atau di mana rudal tersebut digunakan. Tetapi dia mengatakan bahwa rudal tersebut “dieksekusi dengan sangat akurat” dan “telah terbukti.” Ia juga mengucapkan terima kasih khusus kepada AS atas bantuan senjata tersebut.

Menurut laporan media, rudal ATACMS digunakan untuk menyerang pangkalan udara Rusia di Berdyansk selatan dan Luhansk timur. Serangan tersebut dilakukan pada Senin malam. Serangan itu berhasil menghancurkan sembilan helikopter Rusia yang terparkir di lapangan udara. Tembakan rudal tersebut merupakan bagian dari operasi militer Ukraina yang disebut “Operasi Capung.”

 

Rusia Sangat Marah

Kremlin sangat marah atas pengiriman dan penggunaan rudal ATACMS oleh Ukraina. Dubes Rusia untuk AS Anatoly Antonov mengatakan keputusan Washington untuk mengirim rudal jarak jauh ke Ukraina adalah “kesalahan besar”. Dia mengatakan bahwa langkah itu akan memiliki dampak yang sangat serius dan akan meningkatkan eskalasi konflik di wilayah tersebut.

Rusia juga menuduh Ukraina melanggar kesepakatan damai Minsk yang ditandatangani pada tahun 2015. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk mengakhiri perang di Donbass, wilayah timur Ukraina yang dikuasai oleh separatis pro-Rusia.

Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah melanggar gencatan senjata dan menggunakan senjata berat yang dilarang oleh kesepakatan tersebut. Tak hanya itu, Rusia juga mengancam akan membalas serangan Ukraina dengan cara yang proporsional.

 

Gunakan Rudal ATACMS Untuk Pertahankan Kedaulatan Ukraina

Penggunaan rudal ATACMS oleh Ukraina menunjukkan bahwa negara itu tidak akan menyerah dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayahnya. Penggunaan rudal tersebut juga menunjukkan bahwa AS tetap mendukung Ukraina sebagai sekutu strategis dan mitra demokrasi di Eropa. Ini juga bisa berarti peringatan bagi Rusia untuk tidak melakukan agresi lebih lanjut terhadap Ukraina.

 

Oke, sekian dahulu ulasan tentang Ukraina yang akhirnya menggunakan rudal ATACMS jarak jauh diberikan AS ini. Terimakasih sudah terus mengikuti tulisan di atas hingga selesai, semoga banyak insight positif yang bisa didapatkan. (redaksi: situs slot terpercaya )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *